Jumat, 10 Januari 2020

Pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK 2019 | Alternatif Jawaban


Pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK 2019


USBNBK itu singkatan untuk Ujian Sekolah Berstandard Nasional Berbasis Komputer, yang mulai diterapkan sejak  tahun 2019 ini.  Tapi, dalam USBN kali ini, tidak semuanya berbasis komputer, ada soal uraian yang harus dikerjakan menggunakan media kartas. Tapi, soal baru dikirim sehari sebelum pelaksanaan USBNBK untuk menghindari kebocoran soal. Meskipun sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah, pelaksanaan USBN BK haruslah tetap menjunjung profesinalitas satuan pendidikan.

Pada hari H pelaksaan USBN BK mata pelajaran Bahasa Indonesia, ada salah satu kawan yang mengajar di SMK mengirim soal kepada saya. Saya baca, saya usahakan jawab. Setelah membaca soal uraian USBN-BK untuk SMK (entah SMA, sama atau tidak). Ternyata yang ditanyakan oleh kawan yang berinisial Ababal Ghussoh adalah soal USBN BK mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Maka dari itu, di sini sekaligus diberikan contoh soal dan alternatif jawaban serta pembahasan Soal Uraian USBN Bahasa Indonesia tahun 2019. Soal yang dibahas dalam artikel ini adalah Soal USBN BK Mata Pelajaran bahasa Indonesia jenis uraian paket 1.


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Soal Uraian USBN-BK 1.
Candi Borobudur bukan satu-satunya candi yang memuat relief tanaman, termasuk buah. Candi Prambanan juga memuat beberapa relief yang serupa. Sedangkan Candi Kalibukbuh di Bali didominasi dengan ornamen yang lebih kecil seperti sulur tanaman dan daun.

Makna istilah relief dan ornamen yang terdapat dalam kutipan berita tersebut adalah...

Jawaban:
Relief adalah hiasan berupa pahatan pada batu yang terdapat pada dinding-dinding candi.
Ornamen adalah hiasan yang terdapat pada candi.

Pembahasan:
Dalam beberapa hal, relief memiliki makna yang serupa dengan ornamen. Tapi relief lebih identik dengan candi. Biasanya, pahatan yang terdapat bangunan lain selain candi tidak disebut relief. Sementara, ornamen tidak hanya berupa pahatan, ada yang berupa bentuk tiga dimensi.


Soal Uraian USBN-BK 2.
Puisi: Penerimaan
Karya Chairil Anwar
Kalau kau mau kuterima kau kembali
dengan sepenuh hati
Aku masih tetap sendiri
Kutahu kau bukan yang dulu lagi
 Bak kembang sari sudah terbagi
Jangan tunduk
Tentang aku dengan berani
Kalau kau mau kuterima kau kembali
Untukku sendiri tapi
Sedang dengan cermin aku enggan berbagi

Tunjukkan majas perumpamaan (simile) dalam puisi tersebut?

Jawaban:
Bak kembang sari sudah terbagi

Pembahasan:
Majas simile adalah majas perumpamaan dalam Bahasa Indonesia yang ditandai dengan pengunaan kata pembading. Kata pembanding dalam majas simile antara lain: Seperti, laksana, bagaikan, bagai, bak.

Dalam contoh puisi di atas, majas simile menggunakan kata pembanding ‘bak’ dalam larik puisi Bak kembang sari sudah terbagi.


Soal Uraian USBN-BK 3

Walaupun petugas keamanan sering merazia, tetapi pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.

Kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi…

Jawaban:
Walaupun sering dirazia petugas keamanan, pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.
Sering dirazia petugas keamanan, tetapi pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.

Pembahasan:
Ketidak-efektifan kalimat dalam soal di atas karena adanya penggunaan walaupun dan tetapi sekaligus. Harsunya bisa digunakan salah satunya saja.

Selain itu, juga karena adanya ketidakserasian antara subjek dan predikat. Pada anak klausa pertama, dalam soal yang menjadi subjek adalah petugas keamanan, sementara pada klausa kedua subjeknya adalah pedagang kaki lima. Maka, harus diselaras-serasikan. Jadi, dirazia bukan merazia.

Soal Uraian USBN-BK 4

Ketika berkunjung ke Indonesia, Presiden Amerika dikawal 100 prajurit.

Tentukan kata yang penulisaannya salah, kemudian betulkan!

Jawaban:
100 seharusnya ditulis seratus.

Pembahasan:
Bilangan dalam teks yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali jika dipakai secara berurutan seperti dalam perincian.

Misalnya:
Mereka menonton drama itu sampai tiga kali.
Koleksi perpustakaan itu lebih dari satu juta buku.
Di antara 72 anggota yang hadir, 52 orang setuju, 15 orang tidak setuju, dan 5 orang abstain.
Kendaraan yang dipesan untuk angkutan umum terdiri atas 50 bus, 100 minibus, dan 250 sedan
Soal Uraian USBN BK 5

Banyak tayangan televisi mempertontonkan gaya hidup masyarakat kelas atas. Tayangan-tayangan tersebut dapat memengaruhi perubahan gaya hidup anak. Anak akan mencoba gaya hidup tersebut meskipun tidak sesuai dengan kemampuan keluarganya. Akibatnya, anak akan memeiliki obsesi tinggi terhadap isi tayangan tersebut. Contohnya, anak akan malu menggunakan benda-benda tidak bermerek terkenal. Jika orang tua tidak dapat memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung menunjukkan sikap membangkang.

Tentukan ide pokok dalam paragraf tersebut, kemudian jelaskan!

Jawaban:
Anak cenderung membangkang karena terobesi gaya hidup dalam tayangan di televisi.

Pembahasan:
Ide pokok adalah hal yang menjiwai seluruh paragraf. Dalam pargraf di atas yang menjadi pokok pembahasan adalah gaya hidup anak yang dipengaruhi oleh tayangan televisi.  Kalimat utamnya ada di akhir paragraf berupa penegasan. Jik orang tua tidak dapat memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung menunjukkan sikap membangkang. Nah, obsesi tersebut merujuk pada pengaruh dari tayangan televisi yang menunjukkan kemewahan.

Demikian penjelasan dan pembahasan soal bahasa Indonesia dalam USBN untuk SMK (atau juga SMA) tahun 2019.